WACANA PESAN SINGKAT IKLAN PENAWARAN PINJAMAN

Wening Handri Purnami

Abstract


Advertising media is one of the means that is considered effective in delivering messages. In the era of the development of communication technology, advertisements of loan offers are widely discussed via short messages on mobile phones. This study discusses the discourse of short message advertisements for loan offers. The purpose of this research is to describe the parts of discourse, language use, and speech acts in short message advertisements for loan offers. The study is descriptive qualitative. The data collection was carried out by recording and documenting short messages of loan offer advertisements in January-December 2020. The theories applied in this study are discourse, language use, and aspects of speech acts. In this study, three findings are presented, namely parts of discourse, language use, and speech acts. Firstly, the parts of short message advertisements for loan offers are the beginning, the content, and the end. Secondly, the findings of the language use indicate that the spelling of the short message adverts containing loan offers emphasizes the use of capital letters and abbreviations. Thirdly, speech acts in short messages in loan offer advertisements include expressive, directive, and commissive speech acts.

Media iklan merupakan salah satu sarana yang dipandang efektif dalam penyampaian pesan.  Di era perkembangan teknologi komunikasi, memarak diperbincangkan iklan penawaran pinjaman melalui pesan singkat (sms) pada telepon genggam. Penelitian ini membahas wacana pesan singkat iklan penawaran pinjaman. Tujuan penelitian adalah memerikan bagian-bagian wacana, pemakaian bahasa, dan tindak tutur pada pesan singkat iklan penawaran pinjaman. Kajian bersifat kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mencatat dan mendokumentasikan pesan singkat iklan penawaran pinjaman pada Januari—Desember 2020. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah wacana, penggunaan bahasa, dan aspek tindak tutur. Dalam penelitian ini dipaparkan tiga temuan, yaitu bagian-bagian wacana, penggunaan bahasa, dan tindak tutur. Pertama, bagian-bagian wacana pesan singkat iklan penawaran pinjaman, yaitu awal, isi, dan akhir. Kedua, temuan penggunaan bahasa menunjukkan ejaan pada pesan singkat iklan penawaran pinjaman menekankan pada penggunaan huruf kapital dan singkatan. Ketiga, tindak tutur pada pesan singkat iklan penawaran pinjaman, mencakup tindak tutur ekspresif, direktif, dan komisif.


Keywords


discourse; short message; advertisement; loan offer; speech act; wacana; pesan singkat; iklan; penawaran pinjaman; tindak tutur

Full Text:

PDF

References


Ananda, Nova Avidia, I. Made Sutama, I. Gede Nurjaya. 2015. "Bentuk dan Fungsi Tindak Tutur Slogan Varian Iklan Pond’s di Televisi Swasta". JJPBS Universitas Pendidikan Ganesha, Jurusan Pendidikan dan Sastra Indonesia 3, No. 1:1--12. http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v3i1.5414.

Astuti, Sri Puji. 2017. "Persuasi dalam Wacana Iklan". Nusa, Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra 12, No. 1: 38--45. https://doi.org/10.14710/nusa.12.1.38-45

Baryadi, Praptomo. 2002. Dasar-Dasar Analisis Wacana dalam Ilmu Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Gondho Suli.

Finoza, Lamuddin. 2005. Komposisi Bahasa Indonesia: untuk Mahasiswa Nonjurusan Bahasa. Jakarta: Penerbit Diksi Insan Mulia.

Fitriani, Winda Ayu Cahya. 2019. "Analisis Tindak Tutur dalam Wacana Iklan Radio". Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia 8, No. 1: 51--59. https://doi.org/10.31000/lgrm.v8i1.1262

Geoffrey, Leech. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Indiyastini, Titik. 2014. "Kajian Wacana Iklan Baris Tentang Properti di Media Massa Cetak". Prosiding Diskusi Ilmiah (Lokakarya Hasil Penelitian) Kebahasaan dan Kesastraan, Balai Bahasa Provinsi DIY.

Kridalaksana, Harimukti. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Lukitaningsih, Ambar. 2013. "Iklan yang Efektif sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran". Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 13(2): 116–29.

Musaffak. 2015. "Analisis Wacana Iklan Makanan dan Minuman pada Televisi Berdasarkan Struktur dan Fungsi Bahasa". Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 1(2): 224--232. https://doi.org/10.22219/kembara.v1i2.2618

Omar, Asmah Haji. 1984. Bahasa Iklan Perniagaan: Satu Kajian Bahasa Retorik. Dewan Bahasa dan Pustaka, Kementerian Pelajaran Malaysia.

Prasetya, Rian Andri, Siti Samhati. 2017. Tindak Tutur pada Iklan Produk Makanan Cepat Saji di Televisi dan Implikasinya. J-Simbol, hlm. 1--12.

Purnami, Wening Handri. 2017. "Struktur Slot dalam Iklan Media Luar Ruang". Totobuang, Volume 5: 271--283. https://doi.org/10.26499/ttbng.v5i2.36

Sugono, Dendy. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.

Rahardi, Kunjana. 2003. Berkenalan dengan Ilmu Bahasa Pragmatik. Malang: Dioma.

Rahardi, R. Kunjana. 2005. Pragmatik: Kesantunan Imperatif dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Riani. 2015. "Wacana Pesan Singkat Ucapan Selamat Hari Raya". Sawerigading Volume 21: 427--437. https://doi.org/10.26499/sawer.v21i3.97

Riani. 2016. Penggunaan Bahasa Indonesia pada Media Luar Ruang di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Setiyanto, Edi. 2018. "Tindak Tutur pada Iklan Media Luar Ruang di DIY”. Sawerigading 24(1), Juni : 33--42. https://doi.org/10.26499/sawer.v24i1.456

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa, Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Pragmatik. Bandung: PT Angkasa.

Wijana, I. Dewa Putu. 1996. Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi Offset.

Wijana, Putu Dewa. 2009. Analisis Wacana Pragmatik: Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.26499/wdprw.v49i2.905

Article Metrics

Abstract view : 145 times
PDF - 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by