TINDAK PERSONA TOKOH “NDARA MAT AMIT” DAN “MBAH SIDIQ” DALAM LUKISAN KALIGRAFI KARYA A. MUSTOFA BISRI (KAJIAN PSIKOANALISIS DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN MORAL ANAK)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Qur’an dan Terjemahnya. (n.d.). Diterbitkan oleh Sygma Creative Media Group.
Anwar, S. (2017). “Kejahatan Bertopeng Agama: Sebuah Tinjauan Sosiologi Agama.” Jurnal Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 4, 252—263. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v4i2.822
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Nomor 0307/SKEP/BSNP/V/2019, tentang Karya Sastra Indonesia Unggulan untuk Pendidikan Dasar dan Menengah, 1 (2019).
Bisri, A. M. (2003). Lukisan Kaligrafi. Kompas.
Dachrud, M. dan A. S. (2015). “Memahami Pencitraan Politik Melalui Pendekatan Mekanisme Pertahanan Diri.” Potret Pemikian, Vol.19, No, 28—41. http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/PP/article/viewFile/730/585, diakses 17 Juli 2020.
Fiest, J. et al. (2017). Teori Kepribadian=Theories of Personality. Terjemahan. (J. at al Fiest (Ed.); VIII). Salemba Humanika.
Fitri, A. (2015). “Dramaturgi: Pencitraan Prabowo Subianto di Media Sosial Twitter Menjelang Pemilihan Presiden 2014.” Jurnal Interaksi, Vol. 4, No, 101– 108. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi/article/view/9740/7808, diunduh 17 Juli 2020.
Jung, C. G. (2018). Diri yang Tak Ditemukan=The Undiscovered Self (Terjemahan). IRCiSoD.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI daring). (2020). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/topeng, diakses 20 Juli 2020.
Khair, R. (2020). “Arketipe Ketaksadaran Tokoh Faris dan Inayah dalam Novel Lail wa Qudbhan Karya Najib Al-Kailani.” Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, Vol. 4, No, 49—67. https://doi.org/10.29240/jba.v4i1.1359
Laela, Q. N. (2015). “Pemikiran Pendidikan Moral Albert Bandura.” Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, Vol. III, 21—36. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/45 /45, diunduh 18 Juni 2021.
Lickona, T. (2013). Educating for Character=Mendidik untuk Membentuk Karakter. Terjemahan Juma Abdu Wamaungo. Bumi Aksara.
Najichah, A. F. dkk. (2018). “Persepsi Pendidik dan Peserta Didik terhadap Pengembangan Buku Bacaan Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Moral bagi Peserta Didik SMP Kelas VII.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Volume 3, 58—65. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v3i2.723
Nurzakiyah, C. (2018). “Literasi Agama Sebagai Alternatif Pendidikan Moral.” Jurnal Penelitian Agama, Vol. 19 No, 20—29. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jpa, diunduh 18 Juni 2021. https://doi.org/10.24090/jpa.v19i2.2018.pp20-29
Palmquist, S. (2005). Fondasi Psikologi Perkembangan: Menyelami Mimpi, Mencapai Kematangan Diri (Terjemahan). Pustaka Pelajar.
Rahmawati, A. (2018). “Kepribadian Tokoh Kevin dalam Novel Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi Karya Boy Candra: Kajian Psikoanalisis Carl Gustav Jung.” Jurnal Bapala, Vol.5, No., 1--18. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/27889/25515, diunduh 24 Juni 2020. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.6523
Rokhmansyah, A. (2018). “Struktur Ketaksadaran Kolektif Tokoh Utama dalam Novel The Sweet Sins Karya Rangga Wirianto Putra.” Aksara, Vol. 30, N, 221–236. https://doi.org/10.29255/aksara.v30i2.321.221-236
Rokhmawan, T. (2019). “Kenapa Kita Harus Percaya Legenda Kiai?” Jurnal Al-Makrifat, Vol 4, No, 1--43. https://www.researchgate.net/profile/Bayu_Firmansyah2/publication/332555937_Kenapa_Kita_Harus_Percaya_Legenda_Kiai/links/5cbd83724585156cd7a8d474/Kenapa-Kita-Harus-Percaya-Legenda-Kiai.pdf, diunduh 17 Juli 2020
Saliyo. (2018). “Manfaat Perilaku Spiritual Sufi pada Kesehatan Mental dan Well Being Seseorang.” Jurnal Studia Insania, Vol. 6, No, 1--18. https://doi.org/10.18592/jsi.v6i1.2008
DOI: https://doi.org/10.26499/wdprw.v49i2.895
Article Metrics
Abstract view : 286 timesPDF - 47 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |