ANALISIS STRUKTUR DAN FUNGSI TEKS IKLAN LAYANAN MASYARAKAT

Restu Sukesti

Abstract


Public service advertisements (PSA) as a means of communication "govern" to the public even though the form of commanding is in the form of orders, prohibitions, appeals, and suggestions. PSAs in internet media use pictures and writing, both together as a means of communication, but what can "talk" a lot is language. Language in PSAs, hereinafter referred to as text, is studied in this study with a qualitative descriptive approach and with research methods: data collection (download and copy techniques), data analysis (text structure analysis (discourse) techniques), language structure analysis techniques/grammar, and analytical techniques pragmatics). The results obtained indicate that there are three forms of ILM text, namely only images, a mixture of images and writings, and only text; 2) PSA text composition consists of themes, supports, and illustrations; 3) the language in ILM uses a mixture of foreign vocabulary, and verbs with -kan, -i, and klitika -lah. the peculiarity of the message in the PSA text is in the form of a commanding message, either directly or indirectly.

Iklan layanan masyarakat (ILM) sebagai sarana komunikasi memberikan “perintah” pada masyarakat dan wujud perintah itu berupa suruhan, larangan, imbauan, dan saran. ILM dalam media internet menggunakan sarana gambar dan tulisan, keduanya bersama sebagai sarana komunikasi, tetapi yang dapat “berbicara” banyak ialah sarana bahasa. Bahasa dalam ILM, selanjutnya disebut teks dikaji dalam penelitian ini dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan dengan metode penelitian: penjaringan data (teknik unduh dan salin), penganalisisan data (teknik analisis struktur teks (wacana), teknik analisis sturktur bahasa/gramatika, dan teknik analisis pragmatik). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa 1) bentuk teks ILM ada tiga, yaitu hanya gambar, campuran gambar dan tulisan, dan hanya tulisan; 2) komposisi teks ILM terdiri atas tema, pendukung, dan ilustrasi; 3) bahasa pada ILM memanfaatkan campuran kosakata asing, dan verba berafiks –kan, -i, dan klitika –lah, 4) kekhasan kosakata pada teks ILM ialah menggunakan kata “imperatif” (jangan, ayo, mari, dsb.); dan 5) kekhasan pesan pada teks ILM ialah berupa pesan memerintah, baik secara langsung maupun taklangsung.


Keywords


public service advertisement text; text structure; text composition; text specificity; teks iklan layanan masyarakat; struktur teks; komposisi teks; kekhasan teks

Full Text:

PDF

References


Erikha, Fajar. 2018. “Konsep Lanskap Linguistik pada Papan Nama Jalan Kerajaan (Râjamârga): Studi Kasus di Kota Yogyakarta.” Paradigma, Jurnal Kajian Budaya 8(1):38. https://doi.org/10.17510/paradigma.v8i1.231

Pribady, Haries. 2018. “Pengantar Metodologi Penelitian Linguistik.” (June). https://doi.org/10.31219/osf.io/8ywk3

Program, Mahasiswa, Studi Magister, Ilmu Komunikasi, Fisip Undip, danAngkatan VI. 2015. “Strategi Kreatif Iklan Layanan Masyarakat (Ilm) dalam Pemasaran Sosial.” INTERAKSI: Jurnal Ilmu Komunikasi 4(2):158–64.

Purnami, Wening Handri. 2017. “Discourse Study oF Food Service Advertisement.” Widyaparwa 45(2):137–50. https://doi.org/10.26499/wdprw.v45i2.232

Rahmanadia, Hyunisa. 2012. “DALAM BAHASA IKLAN ANAK An Analysis of Schemata Usage in Children Discourse Advertisement.” (August):10–20. https://doi.org/10.26499/rnh.v1i1.4

Setiawan, Agus. 2015. “Strategi Kreatif Iklan Layanan Masyarakat (Tinjauan Perancangan ILM Karya Mahasiswa DKV UDINUS).” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia 1(01):17–32. https://doi.org/10.33633/andharupa.v1i01.954

Setiyanto, Edi. 2013. “Metapesan di Balik Parodi Iklan Djarum 76.” Widyaparwa 41(2).

Shofa, Fathin, and Meina Astri Utami. 2017. “Menyingkap Makna dan Tanda dalam Iklan Rokok A-Mild Versi ‘Hasrat’: Kajian Semiotika.” Ranah: Jurnal Kajian Bahasa 6(2):180. https://doi.org/10.26499/rnh.v6i2.266

Sukamto, Katharina Endriati, danDorien Kartikawangi. 2012. “Sebuah Kajian Komunikasi Dan Bahasa Terhadap Iklan TV Produk ‘ CITRA .’” 1:1–13. https://doi.org/10.26499/rnh.v1i2.3

Sumarsih, Nanik. 2018. “Strategi dan Fungsi Tindak Tutur Direktif dalam Poster Pendidikan.” Widyaparwa 46(1):49–60. https://doi.org/10.26499/wdprw.v46i1.163

Suryo Nugroho, Agung. 2012. “Analisis Wacana Kritis terhadap Iklan-Iklan Pajak dalam Pembentukan Realitas pada Kehidupan Masyarakat.” Ranah: Jurnal Kajian Bahasa 1(1):56. https://doi.org/10.26499/rnh.v1i1.18

Suwitra, I. Made, dan Nyoman Suarjana. 2018. “Iklan Layanan Kesehatan Masyarakat (Ilkm); Kajian Semiotik.” Jurnal Kesehatan Terpadu2(2):82–90. https://doi.org/10.36002/jkt.v2i2.539

Wati. 2015. “‘Olah Kata dalam Media Luar Ruang Sebagai Industri Kreatif.’” Ranah 4(2):164–78.




DOI: https://doi.org/10.26499/wdprw.v49i2.893

Article Metrics

Abstract view : 166 times
PDF - 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by