PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN EJAAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

NFN Markhamah, Main Sufanti, Atiqa Sabardila, NFN Winarni

Abstract


This research aims to produce a spelling education tool that meets the criteria of (a) validity, (b) practicality, and (c) effectiveness to improve the higher-order thinking skills of school students. This research is development research that refers to the Borg & Gall model which consists of 10 steps. The developed tool included a set of syllabus, class activity planning, worksheets for students, and tests. The subjects of this study were fourth-grade students of Izzatul Islam Getasan Elementary, Semarang Regency. The data collection technique utilized methods of focused group discussion (FGD) and product assessment. Data analysis utilized descriptive quantitative and descriptive qualitative techniques. Research results indicate that the spelling education tool developed successfully met the criteria of (a) validity with a very good category, based on validity assessment by experts in education and linguistics. The tool developed also met the criteria of (b) practicality with good category, based on the scale of responses from teachers and students. The tool developed also met the criteria of (c) effectiveness with a very significant effect in improving students' higher-order thinking skills, based on the results of the effectiveness test using the Mann-Whitley statistical test. Thus it can be concluded that the development of this spelling education tool has successfully met the targeted criteria to improve the higher order thinking skills of school students.

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran ejaan yang memenuhi kriteria (a) valid, (b) praktis, dan (c) efektifuntuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu padamodelBorg&Gallyang terdiri atas 10 langkah. Perangkat yang dikembangkan meliputi silabus, Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan penilaian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Izzatul Islam Getasan, Kabupaten Semarang.Teknik pengumpulan data menggunakan metode focused group discussion (FGD) dan penilaian produk. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ejaan yang dikembangkan berhasil memenuhi kriteria (a) valid dengan kategori sangat baik, berdasarkan penilaian uji validitas dari ahli pendidikan dan ahli bahasa. Perangkat yang dikembangkan juga memenuhi kriteria (b) praktis dengan kategori baik, berdasarkanskala respon dari guru dan siswa. Perangkat yang dikembangkan juga memenuhi kriteria(c) efektif dengan pengaruh yang sangat signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, berdasarkan hasil pengujian efektifitas melalui uji statistika Mann-Whitley. Bisa disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran ejaan ini berhasil memenuhi kriteria yang ditargetkan untuk meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa sekolah.



Keywords


learning tools; spelling; higher order thinking skills; perangkat pembelajaran; ejaan; kemampuan berpikir tingkat tinggi

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Alsowat, Hamad. 2016. “An EFL Flipped Classroom Teaching Model: Effects on English Language Higher-Order Thinking Skills, Student Engagement, and Satisfaction.” Journal of Education and Practice 7 (9): 108–21. https://doi.org/10.5539/elt.v9n9p166

Anderson, Lorin W., and David R. Krathwohl, eds. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baryadi, Isodarus Praptomo. 2017. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks.” Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis 11 (1): 1–11.

Borg, Walter R., and Meredith D. Gall. 1984. “Educational Research: An Introduction.” British Journal of Educational Studies 32 (3): 274. https://doi.org/10.2307/3121583

Dahlan, Muhammad Sopiyudin. 2015. Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta: Epidemiologi Indonesia.

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.

Erviana, Vera Yuli. 2016. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Sosiokultural bagi Siswa SD.” Jurnal Prima Edukasia 4 (2): 222–32. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8970

Faiqoh, Annisa Nur, Sony Irianto, and Subuh Anggoro. 2019. “Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Higher Order Thingking Skills (HOTS) Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar.” 2 (2): 103–6.

Fanani, Achmad, and Dian Kusmaharti. 2014. “Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V.” Jurnal Pendidikan Dasar.

Ganapathy, Malini Ganapathymalini, Manjet Kaur Mehar Singh, Sarjit Kaur, and Liew Wai Kit. 2017. “Promoting Higher Order Thinking Skills via Teaching Practices.” 3L: Language, Linguistics, Literature. https://doi.org/10.17576/3L-2017-2301-06

Hugerat, Muhamad, and Naji Kortam. 2014. “Improving Higher Order Thinking Skills among Freshmen by Teaching Science through Inquiry.” Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. https://doi.org/10.12973/eurasia.2014.1107a

Istiqomah. 2018. Pembelajaran Dan Penilaian High Order Thinking Skills. Surabaya: Pustaka Mediaguru.

KBBI. 2020. “Ejaan.”

Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013.

Kusaeri, and Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lestari, Reski. 2017. “Kesantunan Berbahasa Indonesia Siswa di Lingkungan SMP Negeri 10 Kendari.” Jurnal Bastra 1 (4): 1–22. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.1.11-17

Narayanan, Sowmya, and M. Adithan. 2015. “Analysis Of Question Papers In Engineering Courses With Respect To Hots (Higher Order Thinking Skills).” American Journal of Engineering Education (AJEE) 6 (1): 1–10. https://doi.org/10.19030/ajee.v6i1.9247

Nieveen, Nienke, and Tjeerd Plomp, eds. 2010. An Introduction to Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development.

Praheto, Biya Ebi, and Dwi Wijayanti. 2020. “Analisis Gagasan Karangan Multikultural Siswa Kelas 2 SD Negeri Timuran Yogyakarta.” Jurnal Cakrawala Pendas 6 (1): 48–55. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1787

Pratama, Galih Suci, Agus Nuryatin, and Hari Bakti Mardikantoro. 2017. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menulis Deskriptif dengan Pendekatan SAVI Berbantuan Video bagi Siswa SD.” Journal of Primary Education.

Prihantini, Ainia. 2015. Master Bahasa Indonesia: Panduan Tata Bahasa Indonesia Terlengkap. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Puswitasari, Putri, Ali Sudin, and Dadan Djuanda. 2016. “Penerapan Model Bengkel Menulis (Writing Workshop) dengan Permainan Melingkari Ejaan untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Undangan Ulang Tahun di Kelas V A SDN Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang.” Jurnal Pena Ilmiah 1 (1): 901–10.

Putra, Rizka Andhika, and Agie Hanggara. 2018. “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Saintifik Berorientasi Higher Order Thingking Skills (HOTS) terhadap Pemahaman Belajar Siswa.” Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi 15 (2): 44–50.

Rahmaningsih, Pitasari. 2016. “Mengajarkan Ejaan pada Siswa SD.” Jurnal Ilmiah Guru “COPE” 1 (20): 60–69.

Riadi, Arifin, and Heri Retnawati. 2014. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan HOTS pada Kompetensi Bangun Ruang Sisi Datar.” Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika 9 (2): 126–35.

Sasmito, Luncana Faridhoh, and Ali Mustadi. 2016. “Pengembangan Lem-bar Kerja Peserta Didik Tematik-Integratif Berbasis Pendidikan Karak-ter pada Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Karakter 1 (1): 70–81.

Sasriyana, Ennoer, and Abd. Kholiq. 2020. “Validasi Perangkat Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Berbantuan Media ‘Esl’ pada Materi Alat Optik.” Inovasi Pendidikan Fisika 9 (1): 31–35.

Sriyanto. 2015. Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia Ejaan. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sukoco, Sukoco. 2019. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir dan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Sifat Cahaya Kelas V SD.” Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 5(2):1–10.

https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n2.p986-995

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Ejaan Bahasa Indonesia. Bandung: Penerbit Angkasa.

Wahyuni, Mei, and Ali Mustadi. 2016. “Pengembangan Perangkat Pembela-jaran Collaborative Learning Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Bersahabat.” Jurnal Pendidikan Karakter 2 (6): 246–60. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12056

Wardany, Kusuma, Sajidan, and Murni Ramli. 2017. “Pengembangan Penilaian Untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills Siswa.” Jurnal Inkuiri 6 (2): 1–16. https://doi.org/10.26714/jps.6.2.2018.21-31

Wardhana, Dian Eka Chandra, Ria Ariesta, and Sarwit Sarwono. 2020. “Pelatihan Penyusunan Soal Bahasa Indonesia Berorientasi HOT’S Untuk Guru SMP dan SMA.” ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 2 (1): 1–10. https://doi.org/10.24036/abdi.v2i1.29

Widoyoko, Eko Putro. 2009. “Evaluasi Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winarni, Main Sufanti, and Markhamah. 2019. “Persepsi Guru Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Ejaan di SD.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra V.

Yuliandini, Nurul, Ghullam Hamdu, and Resa Respati. 2019. “Pengembangan Soal Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots) Taksonomi Bloom Revisi di Sekolah Dasar.” Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (1): 37–46.

Yuriza, Putri Emilia, Adisyahputra, and Diana Vivanti Sigit. 2018. “Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Tingkat Kecerdasan dengan Kemampuan Literasi Sains pada Siswa SMP.” Biosfer Jurnal Pendidikan Biologi 11 (1): 13–20. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.11-1.2




DOI: https://doi.org/10.26499/wdprw.v49i1.510

Article Metrics

Abstract view : 103 times
PDF - 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by