PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP

Fajarsih Darusuprapti, Haryanto Haryanto

Abstract


The research aims to improve the learning process and short story writing skills using pop-up media in 4th grade students of elementary school Muhammadiyah Sidokarto. Type of research class action model Kemmis and Mc Taggart. Subjects class 4th students totaling 20 students. Method of data collection research uses the method of testing, observation, and documentation. Data analysis techniques used quantitative and qualitative. The results of the study indicate that pop up media can improve short story writing skills. The process of improving learning to write short stories using pop-up media is students learn the material of short story elements, linguistic material, how to compile short story based on pop-up media, and write short stories using pop-up media. Improvement of short story writing skills first cycle 19.7 from the precycle average value of 59.9 to 79.6. The increase in short story writing skills the second cycle 25.85 from the pre-cycle average value to 85.75. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menulis cerita pendek menggunakan media pembelajaran pop-up siswa kelas IV SD Muhammadiyah Sidokarto. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran pop-up dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek. Proses peningkatan pembelajaran menulis cerita pendek menggunakan media pembelajaran pop-up dengan cara siswa mempelajari materi unsur-unsur cerita pendek, materi kebahasaan, cara menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan media pembelajaran pop-up, danmenulis cerita pendek menggunakan media pembelajaran pop-up. Peningkatan keterampilan menulis cerita pendek pada siklus I sebesar 19,7 dari nilai rata-rata prasiklus sebesar 59,9 menjadi 79,6. Peningkatan keterampilan menulis cerita pendek pada siklus II sebesar 25,85 dari nilai rata-rata prasiklus menjadi 85,75.

Keywords


writing short stories; media pop-up; student; keterampilan menulis cerita pendek; media pembelajaran pop-up; siswa

Full Text:

PDF

References


Aisyah R. Rahman. 2011. "Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri I Peusangan Bireuen Aceh". Dalam Madrasah: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Dasar Volume 3, No. 2.

Anas, Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Ann. Montanaro. R. 2015. A Concise History of Pop-up and Movable Books.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Press.

Dessy Putri, Widyaningtyas. 2018. "Pengembangan Media Pemebelajaran Pop-Up Berbasis Sains pada Kelompok B Ra Raden Fatah Podorejo". Dalam Jurnal Madrasah : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 11, No. 1.

https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i1.6166

Enny, Zubaidah. 2012. Peningkatan Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Cerita Anak melalui Strategi Menulis Terbimbing. Univeristas Negeri Jakarta.

H. C. Dyk SV. 2011. Paper engineering: fold, pull, pop & turn. New York: Smithsonian Instittution Libraries.

Kasihani, Kasbolah. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Luthfatun, Nisa. 2018. "Perancangan Buku Cerita Pop-up Berbasis Karakter untuk Menanamkan Karakter Peduli Sosial Anak Usia Dini". Dalam Jurnal Pedagogia : Jurnal Pendidikan Volume 7, No. 2.

https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1563

Moore-Hart, Margaret. A. 2010. Teaching writing in diserve clasrooms. Boston: Pearson.

Nana, SudjanaDanAhmad, Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Oemar Hamalik. 1989. Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: PT Mandar Maju.

Suyatinah. 2005. "Peningkatan Keefektifan Pembelajaran Menulis di Kelas II Sekolah Dasar". Dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan: Cakrawala Pendidikan Volume XXIV, No. 3.

Wina, Sanjaya. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.26499/wdprw.v47i1.315

Article Metrics

Abstract view : 1218 times
PDF - 448 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by