NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN NOVEL SAWITRI DAN TUJUH POHON KELAHIRAN KARYA MASHDAR ZAINAL

Afry Adi Chandra, Herman J. Waluyo, Nugraheni Eko Wardani

Abstract


This study aims to discuss environmental care character education contained in the novel Sawitri dan Tujuh Pohon Kelahiran by Mashdar Zainal. Attitude to protect the environment is part of the manifestation of human gratitude to God. It is also a reflection of the value of character education. This research is descriptive qualitative research. The main data source in this study, namely the quoted text contained in the novel of Sawitri dan Tujuh Pohon Kelahiran relating to character education care about the environment. The data validity technique uses the triangulation of methods and data sources. Content analysis techniques are used as a means of collecting data. The low concern of students for environmental sustainability is one of the factors threatening the survival of living things in the future. Internalization of the value of character education about the environment is important to instill in students. Based on the research conducted, it is known that the novel Sawitri dan Tujuh Pohon Kelahiran by Mashdar Zainal contain tangible environmental character education, (1) compassion towards the environment; (2) equality of women's rights in managing the environment; and (3) educating the importance of protecting the environment.

Penelitian ini bertujuan untuk membahas pendidikan karakter peduli lingkungan yang terdapat di novel Sawitri dan Tujuh Pohon Kelahiran karya Mashdar Zainal. Sikap menjaga lingkungan adalah bagian dari wujud rasa syukur manusia kepada Tuhan. Hal tersebut juga merupakan cerminan dari nilai pendidikan karakter. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data utama dalam penelitian ini, yaitu kutipan teks yang terdapat di novel Sawitri dan Tujuh Pohon Kelahiran yang berkaitan dengan pendidikan karakter peduli lingkungan. Teknik validitas data menggunakan triangulasi metode dan sumber data. Teknik analisis konten (content analysis)digunakan sebagai sarana dalam pengumpulan data. Rendahnya kepedulian peserta didik terhadap kelestarian lingkungan, menjadi salah satu faktor terancamnya keberlangsungan hidup makhluk hidup di masa mendatang. Internalisasi nilai pendidikan karakter peduli lingkungan menjadi hal penting untuk ditanamkan kepada para siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa novel Sawitri dan Tujuh Pohon Kelahiran memuat pendidikan karakter peduli lingkungan yang berwujud, (1) sikap kasih sayang terhadap lingkungan; (2) kesetaraan hak perempuan dalam mengelola lingkungan; dan (3) mengedukasi pentingnya menjaga lingkungan.


Keywords


character education; environmental care; novel, nilai pendidikan karakter, peduli lingkungan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Alfa Rosyid, Herman J Waluyo, and Nugraheni Eko Wardani. 2017. “The Value of Social Care Character Education Through Merindu Baginda Nabi.” Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) 2(2013): 493–-501. https://doi.org/10.33258/birci.v2i3.459

Budiasa, I Made. 2014. “Memahami Nilai-Nilai Budaya Tradisi dalam Lakon Seni Pertunjukan Bali: Sebagai Wahana Pendidikan Karakter Bangsa.” Jurnal Aksara 26(2): 157–-67.

Departemen Agama Indonesia. 2005. Al-Jumanatul Ali (Alquran dan Ter-jemahnya). Bandung: CV Penerbit J-Art.

Faqir, Al. 2010. Tuhan Memuliakan, Manusia Melupakan: Renunagan bagi Yang Ingin Selalu Menjaga Jalan Menuju Keridhaan-Nya. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hamzah, Syukuri. 2013. Pendidikan Lingkungan: Sekelumit Wawasan Pengantar. Bandung: Refika Aditama.

Huckle, John, and Stephen (ed) Sterling. 1996. Education for Sustainability. London: Earthscan Publications Limited.

Ismiyati, Siti Ajar. 2011. “Feminisme dalam Kumpulan Cerpen Harga Perempuan Karya Sirikit Syah.” Jurnal Widyaparwa 39(2): 155–66.

Junaedi, Mahfud. 2017. Pardigma Baru Filsafat Pendidikan Islam. Depok: Penerbit Kencana.

Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan Riset. 2009. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Lestari, Winda Dwi, Sarwiji Suwandi, dan Muhammad Rohmadi. 2018. “Kaum Sublatern dalam Novel-Novel Karya Soeratman Sastradihardja: Sebuah Kajian Sastra Poskolonial.” Jurnal Widyaparwa 46(2): 179–88. https://doi.org/10.26499/wdprw.v46i2.175

Lickona, Thomas. 2013. Educating for Character. Jakarta: Bumi Aksara.

Listyarti, Retno. 2012. Pendidikan Karakter Dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif. Jakarta: Erlangga.

Maksudin. 2013. Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudlofir, Ali. 2013. “Pendidikan Karakter : Konsep dan Aktualisasinya dalam Sistem Pendidikan Islam A . Pendahuluan Diakui dalam Berbagai Aspek, Pendidikan di Negeri Ini Mengalami Kemajuan . Sarana dan Prasarana Sekolah Terus Mengalami Perbaikan. Peningkatan Anggaran Pendidikan.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 7(2): 229. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.560

Muhaimin. 2015. Membangun Kecerdasan Ekologis: Model Pendidikan Untuk Meningkatkan Kompetensi Ekologis. Bandung: Alfabeta.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Naim, Ngainun. 2012. Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembagan Ilmu Dan Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurin, Abdillah Mubarak. 2015. Islam Agama Kasih Sayang. Jakarta: Serambi Ilmu Pustaka.

Oktavia, Wahyu. 2019. “Stilistika Dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Naskah Drama Bunga Rumah Makan Karya Utuy Tatatng Sontani.” Jurnal Alaysastra 15(1): 1–-12. https://doi.org/10.36567/aly.v15i1.263

Putra, Candra Rahma Wijaya, and Sugiarti. 2019. “Ekologi Budaya dalam Novel Lanang Karya Yonathan Rahardjo.” Jurnal Atavisme 22(1): 113–27. https://doi.org/10.24257/atavisme.v22i1.515.113-127

Quthub, Mohammad. 1980. Manhaj Al-Tarbiyah Al-Islamiyyah. Kairo: Dar Al-Syuruq.

Sabakti, Sri. 2018. “Konsep Pendidikan Karakter dalam Buku Pandangan Orang Melayu terhadap Anak Karya Tenas Effendy.” Jurnal Widyaparwa 46(2): 189–204. https://doi.org/10.26499/wdprw.v46i2.193

Saptawuryandari, Nurweni. 2014. “Cerita Pendek Anak Dalam Majalah Bobo Tahun 1980-an Sebagai Bacaan Pendidikan Karakter.” Jurnal Atavisme 17(2): 254–63. https://doi.org/10.24257/atavisme.v17i2.14.254-263

Saptono. 2011. Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter: Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sungkowati, Yulitin. 2016. “Persoalan Lingkungan dalam Novel Lemah Tanjung Karya Ratna Indraswari Ibrahim.” Jurnal Widyaparwa 44(2): 61–72. https://doi.org/10.26499/wdprw.v44i2.137

Sungkowati, Yulitin. 2017. “Perempuan Jawa, Dayak, Tionghoa, Dan Jepang Dalam Novel-Novel Lan Fang.” Jurnal Widyaparwa 45(2): 109–19. https://doi.org/10.26499/wdprw.v45i2.235

Supriatna, Nana. 2017. Ecopedagogy: Membangun Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thalhah, M., and Achmad Mufid. 2008. Fiqih Ekologi: Menjaga Bumi Memahami Makna Kitab Suci. Yogyakarta: Total Media.

Zainal, Mashdar. 2018. Sawitri dan Tujuh Pohon Kelahiran. Jakarta: Penerbit Alvabet.

Zulfa, Umi. 2018. “Model of Islamic Religion Education 435 Based on Islam Nusantara on College.” Jurnal Nadwa (Jurnal Pendidikan Islam) 12(1): 1–14. https://doi.org/10.21580/nw.2018.12.1.2462




DOI: https://doi.org/10.26499/wdprw.v49i1.304

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by