FENOMENA PENGGUNAAN UNGGAH-UNGGUH BASA JAWA KALANGAN SISWA SMK DI SURAKARTA
Abstract
Globalization era will bring negative impact if it does not be treated properly, particularly for young generation. Most students do not know how to admire others, particularly when they interact with others. This condition can be witnessed in the use of the language use of students in SMK in Surakarta who still do not understand the proper style of Javanese language. This research aims to describe and explain about the phenomena of Javanese language style use of SMK in Surakarta. Data source is obtained from observation and in-depth interview. The result shows that there are still many mistaken use among the students. It is stimulated by the lack of habit of the students in using kromo inggil by parents, the lack of relationship among school, parents, and society. There is also the lack of educational model about appropriate unggah-ungguh basa. It shows that there is still found the use of mistake unggah-ungguh basa among students.
Era globalisasi apabila tidak disikapi secara bijak akan membawa dampak negatif, utamanya bagi para pemuda. Banyak siswa yang tidak mengerti mengenai cara menghormati orang lain, utamanya ketika berinteraksi dengan mitra tutur. Hal ini terlihat dari penggunaan bahasa siswa di SMK di Surakarta yang masih belum memahami ragam bahasa Jawa yang baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai fenomena penggunaan ragam bahasa Jawa siswa SMK. Sumber data berupa penggunaan ragam bahasa Jawa di beberapa SMK di Surakarta. Proses pengambilan data dengan observasi dan wawancara mendalam. Dari hasil penelitian ditemukan masih banyak kesalahan penggunaan ragam bahasa di kalangan siswa. Penyebabnya ialah siswa tidak dibiasakannya berbahasa krama inggil oleh orang tua, kurangya kerja sama antara pihak sekolah, orang tua, dan masyarakat. Juga belum adanya model pendidikan mengenai unggah-ungguh basa yang dirasa cocok. Dengan demikian, masih banyak ditemukan penggunaan unggah-ungguh basa yang keliru di kalangan siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almerico, Gina M. 2014. "Building Character through Literacy with Children's Literature" dalam Research in Higher Education Journal Volume 26. University of Tampa.
Andianto, M. Rus. 2016. "Model-model Strategi Kesantunan Berbahasa dalam Kultur Jawa" dalam Prosiding Jejak Langkah Perubahan dari Using sampai Indonesia (Ed: Novi Anoegrajekti). Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Dwiraharjo, Maryono. 2001. Bahasa Jawa Krama. Surakarta: Pustaka Cakra.
Gunarwan, Asim. 2005. "Beberapa Prinsip dalam Komunikasi Verbal: Tinjauan Sosiolinguistik dan Pragmatik. Dalam Pranowo, dkk (Ed.)." Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Universitas Sanata Dharma.
Idrus, Muhammad. 2012. "Pendidikan Karakter pada Keluarga Jawa" dalam Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, No. 2, Juni 2012. Univesitas Negeri Yogyakarta.
Khazanah, Dewianti. 2012. "Kedudukan Bahasa Jawa Ragam Krama pada Kalangan Generasi Muda: Studi Kasus di Desa Randegan, Kecamatan Dawarblandong, Mojo-kerto dan di Dusun Tutul, Kecamatan Ambulu, Jember" dalam Jurnal Pengembangan Pendidikan, Vol. 9, No. 2, Desember 2012.
Koesoema, A. Doni. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo
Rahadini, Astiana A. dan Suwarna. 2014. "Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Jawa di SMPN 1 Banyumas" dalam Jurnal Lingtera, Vol. 1, No. 2, Oktober 2014. Universitas Negeri Yogyakarta.
https://doi.org/10.21831/lt.v1i2.2591
Saddhono, Kundharu. 2015. "Integrating Culture in Indonesian Language Learning for Foreign Speakers at Indonesian Universities." On Journal of Language and Literature.
Setyawan, Bagus W. 2018. "Kajian Pragmatik Mengenai Tindak Tutur Direktif dalam Serat Joko Lodhang Karangan Raden Ngabehi Ranggawarsita". Jurnal Jalabahasa: Jurnal Ilmiah Kebahasaan, Vol. 14, No. 2, 2018.
https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v14i2.206
Setyawan, Bagus W. & Saddhono, Kundharu. 2018. "Ceprotan Performing Art: A Traditional Folkart Based on Urband Legend". Harmonia: Journal of Arts Research and Education, Vol. 18, No. 1, 2018.
https://doi.org/10.15294/harmonia.v18i1.9509
Soekanto, Soerjono. 1993. Kamus Sosiologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sudaryanto. 1995. Linguistik: Identitasnya, Cara Penanganan Obyeknya, dan Hasil Kajiannya. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sutopo, H. B. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif: Metodologi Penelitian untuk Ilmu-ilmu Sosial dan Budaya. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Suwarna dan Suhari. 2014. "Pendidikan Karakter Hormat dalam Buku Pelajaran Bahasa Jawa di Sekolah" dalam Jurnal Pendidikan Karakter, tahun IV, No. 2, Juni 2014. Universitas Negeri Yogyakarta.
Wibowo, Agus. 2016. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah: Konsep dan Praktik Implementasi. Yogya-karta: Pustaka Pelajar.
Wuryandari, Wuri. 2010. "Integrasi Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran untuk Menanamkan Nasionalisme di Sekolah Dasar" dalam Jurnal Litera, Vol. 4, No. 3, 2010. Universitas Negeri Yogya-karta.
Zakaria, Indra dan Listyaningsih. 2016. "Penanaman Sikap Sopan Santun melalui Keteladanan Guru di SMP Negeri 1 Buduran Kabupaten Sidoarjo" dalam Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol. 2, No. 4, Tahun 2016. Universitas Negeri Surabaya.
DOI: https://doi.org/10.26499/wdprw.v46i2.200
Article Metrics
Abstract view : 1977 timesPDF - 4495 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by