Arketipe Inisiasi dalam Cerita Anak pada Antologi Guruku Idolaku dan Pemanfaatannya dalam Pendidikan Karakter Anak (Arketipe Initiation in Children Stories on Antology Guruku Idolaku and The Utilization of Education of Children Character)

umar Sidik

Abstract


Penelitian ini menjawab dua pertanyaan, yaitu (1) situasi dan kondisi seperti apa sehingga memunculkan arketipe inisiasi; dan (2) bagaimanakah pemanfaatan arketipe inisiasi dalam pendidikan karakter anak. Pendekatan yang digunakan ialah arketipe inisiasi (psikoanalisis) mengacu pada teorinya Carl G. Jung. Penentuan sumber data dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arketipe inisiasi terjadi dengan cara “membenturkan” persoalan dengan situasi dan kondisi tertentu yang dapat menyentuh kejiwaan tokoh. Akan tetapi, sebagian cerita yang lain dilakukan dengan cara pengondisian secara langsung terhadap tokoh, yakni dengan cara memberikan nasihat yang dapat diterima oleh tokoh. Cerita berarketipe inisiasi dapat menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pembentukan karakter bagi pembacanya (anak). Selain itu, cerita tipe itu dapat memberikan inspirasi bagi orang tua dan/atau guru dalam proses pendidikan karakter bagi anak. 

This study answers two questions, namely (1) what situation and condition that arise archetype initiation; and (2) how is the implication of archetype initiation in child character education. The research approach is the archetype of initiation (psychoanalysis) referring to Carl G. Jung's theory. The data source is chosen using purposive sampling technique. The result shows that archetypes of initiation occurred by "confronting" a problem with certain situation and condition that can touch character’s psychic. However, some other stories are done by direct conditioning of the character, namely by giving an acceptable advice for the characters. The archetype initiation of stories can be an inseparable part of character building for their readers (children).In addition, the story type can provide inspiration for parents and/or teachers in the process of child character education.


Keywords


psikoanalisis; arketipe; cerita anak; bacaan anak; sastra anak; pendidikan karakter

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26499/wdprw.v46i1.160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.