KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING TOKOH ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM KUMPULAN CERPEN SEJUTA CERITA ANAK BANYUMAS

Wiekandini Dyah Pandanwangi, Aldi Aditya, Ummi Nurjamil Baiti Lapiana

Abstract


This article describes the problem solving or problem solving carried out by the child characters during the Covid-19 pandemic, which was seen in the collection of short stories of a million stories for children from Banyumas. The background of this research is psychological issues experienced by children due to the loss of their social environment during the Covid-19 pandemic. Children experience complex problems due to changes in habits during the pandemic. This research is  descriptive qualitative research with a literary psychology approach. The theory used is the theory of Problem Solving. This research is a literature study with reading and note-taking techniques for data collection. Data analysis using content analysis. The results of the analysis show that the five main characters of the children in the collection of short stories of Sejuta Anak Banyumas perform positive activities as a form of problem solving in solving the internal problems they face. The five main characters' positive activities are 1) getting closer to God, 2) developing hobbies such as writing fictions and joining organizations, and 3) doing social activities that are beneficial to others.

Artikel ini memaparkan problem solving atau pemecahan masalah yang dilakukan oleh tokoh anak selama menghadapi masa pandemi Covid-19 yang tampak dalam kumpulan cerpen Sejuta Cerita Anak Banyumas. Latar belakang penelitian adalah masalah psikologis yang dialami oleh anak karena kehilangan lingkungan sosialnya akibat pandemi Covid-19. Anak-anak mengalami permasalahan yang kompleks karena perubahan kebiasaan di masa pandemi. Oleh karena itu, kemampuan problem solving tokoh anak selama menghadapi masa pandemi Covid-19 menjadi fokus penelitian. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Teori yang digunakan adalah teori Problem Solving. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka dengan teknik baca dan catat untuk pengumpulan data. Analisis data menggunakan analisis konten. Hasil analisis memperlihatkan bahwa kelima tokoh utama anak dalam kumpulan cerpen Sejuta Cerita Anak Banyumas melakukan aktivitas positif sebagai bentuk problem solving dalam memecahkan masalah internal yang mereka hadapi. Aktivitas positif yang kelima tokoh utama lakukan, yaitu 1) mendekatkan diri pada Tuhan, 2) mengembangkan hobi seperti menulis karya fiksi dan mengikuti organisasi, dan 3) melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi orang lain.


Keywords


problem solving; pandemic; children short stories; problem solving; pandemi; cerpen anak;

Full Text:

PDF

References


Abrams, M.. 1981. A Glossary Of Literary Terms. New York: Holt Rinehart and Winston.

Andangjati, M. W. 2021. Hubungan Antara Interaksi Sosial Teman Sebaya dengan Penerimaan Sosial Siswa Kelas XI. Mimbar Ilmu, 26(1).

https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33360

Aydoğan, Y., & Özyürek, A. 2020. The Relationship between Problem-Solving Skills and Memory Development in Preschool Children. Journal of History Culture and Art Research, 9(3), 43–54. https://doi.org/10.7596/taksad.v9i3.1988

Azizah, N. A. 2019. Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Apresiasi Sastra di SMA. Basastra, 7(1), 176–185. Diambil dari https://jurnal.uns.ac.id/Basastra/article/view/35507

Dita, L. F. 2020. Penggambaran Kemampuan Pemecahan Masalah pada Anak dalam Novel Lima Sekawan: Pergi ke Sarang Penyelundup karya Enid Blyton. Universitas Negeri Jakarta.

Endraswara, S. 2003. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Fatimah, N. 2018. Analisis Sosiologi Sastra Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi dan Rencana Pembelajarannya dengan Metode Problem Solving di Kelas XII SMA. Surya Bahtera, 6(53). Diambil dari http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/5493

Haribowo, A. P. W. 2016. Emosi Adam dalam Novel Fantasi Hantu. LINGUA, XII(1). Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/8694/5722

Kaur, M. 2018. Social Problem-Solving Skills in Children : An Exploratory Study. Journal of Advances an Scholarly Researches in Allied Education, 15(8), 21–29. https://doi.org/10.29070/15/57863

Lestari, L. D. 2020. Pentingnya Mendidik Problem Solving pada Anak melalui Bermain. Jurnal Pendidikan Anal, 9(2), 100–108. Diambil dari https://journal.uny.ac.id/index.php/j.pa https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.32034

Marzano, R. . 1988. Dimension of Thinking: A Framework for Curriculum and Instruction. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Maulidya, A. 2018. Berpikir dan Problem Solving. Ihya al-Arabiyah. Diambil dari http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/1381

Muslim, M. 2020. Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.

Nastiti, V. G. 2022. Psikologi Sastra dalam Cerita Anak Liburan Seru di Desa Nenek Lulu Karya Anee Rahman Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di Sekolah Dasar. Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(1 April). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/43764

Nevid, J. S. 2003. Psikologi Abnormal. Jakarta: Erlangga.

Nurgiyantoro, B. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak (Cetakan pe). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurrokhma, D. S. 2021. Respons Psikologis terhadap Pandemi Covid-19 dalam Cerita Fantasi. Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(6 Juni), 969–974. Diambil dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i6.14899

Oktaviany, F. 2021. Profil Kemampuan Problem Solving Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 9(3 September), 148–155. Diambil dari https://jurnal.uns.ac.id/kumara.

https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.49293

Palupi, T. I. 2020. Mekanisme Penyelesaian Konflik Tokoh Perempuan Novel 3 Srikandi karya Silvarani: Kajian Psikologi Sastra. Widyaparwa, 48(1 Juni). Diambil dari https://widyaparwa.kemdikbud.go.id/index.php/widyaparwa/article/view/355/pdf_1 https://doi.org/10.26499/wdprw.v48i1.355

Permana, R. W. 2021. Perubahan Kebiasaan di Masa Pandemi Picu Munculnya Permasalahan Anak. merdeka.com. Diambil dari https://www.merdeka.com/sehat/perubahan-kebiasaan-di-masa-covid-19-picu-munculnya-permasalahan-anak.html

Polya, G. 1973. How To Solve It. New Jersey: Princeton University Press.

Prawanti, L. T. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. In Seminar Nasional Pascasarjana (hal. 286–291). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Putra, I. R. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Esai Berbasis Lingkungan Menggunakan Model Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal, 4(2 Agustus). Diambil dari http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/4750. https://doi.org/10.30651/else.v4i2.4750

Ratna, N. K. 2006. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santosa, Qanita Rafa, D. 2021. Sejuta Cerita Anak Banyumas. (S. Publishing, Ed.). Banyumas.

Santrock, J. W. 2003. Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sari, N. A. 2016. Perkembangan Anak pada Tokoh Mona dan Lisa dalam Kkpk Monalisa Karya Alya : Teori Psikologi Sastra. Pena Indonesia, 2(2 Oktober).

https://doi.org/10.26740/jpi.v2n2.p173-182

Semiun, Y. 2006. Teori Kepribadian dan Terapi Psikoanalitik Freud. Yogyakarta: Kanisius.

Soekanto, S. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Stanton, R. 1965. An Introduction to Fiction. New York: Rinehart and Wiston.

Sufanti, M. 2022. Cerita Pendek Berlatar Pandemi Covid-19 sebagai Bahan Edukasi Karakter Berkebinekaan Global. Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1).

Sulasamono, B. S. 2012. Problem Solving: Signifikasi, Pengertian, dan Ragamnya. Satya Widya, 28 (2 Desember), 155–165. https://doi.org/10.24246/j.sw.2012.v28.i2.p155-166

Ulutas, A., & Koksalan, B. 2017. Investigation of Environmental Problem Solving Skills of Preschool Age Children. Research in Pedagogy, 7(2), 298–311. https://doi.org/10.17810/2015.66

Wickelgren, W. 1974. How to Solve Mathematical Problems. New York: Dover Publications.

Yaumi, M. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat.




DOI: https://doi.org/10.26499/wdprw.v50i2.1138

Article Metrics

Abstract view : 84 times
PDF - 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by